NAMA _: Indah Ayu Lestari
NIM ___: 155120101111066
Indonesia merupakan negara yang
menganut budaya timur. Namun, dampak
globalisasimasih relatif mudah memasuki budaya indonesia. Arus globalisasi
tidak dapat ter elakan lagi sehingga budaya dari luar secara langsung dan tidak
langsung budaya asing merambah wilayah indonesia dan bercampur ke dalam budaya
indonesia ini. Nilai dari luar dapat terinternalisasi kedalam indonesia karena
terdapat kelunturan karakteristik yang dimiliki masyarakat indonesia, terutama
pada generasi muda indonesia. Hal tersebut sangat di sayangkan karena nilai
yang masuk ke dalam budaya kita belum lah tentu baik. Bahkan ada anggapan dari
generasi muda, bahwa yang tidak dapat menerima globalisasi dianggap tidak
modern. Padahal belum tentu nilai yang masuk dari globalisasi merupakan nilai
yang baik. Salah satu nya adalah perilaku yang konsumtif. Perilaku yang gemar
membeli sesuatu berdasarkan keinginan sedangkan untuk memenuhi kebutuhan
pokoknya dikesampingkan. Tindakan masyarakat konsumtif ini sangat berkembang
pesat dikalangan atas maupun menegah kebawah. Penggunaan barang branded menjadi
suatu kebanggaan tersendiri pada masyarakat konsumtif karena brand yang
digunakan dapat menunjukkan tingkkatan status sosial pengguna barang tersebut
di masyarakat sehingga eksistensi orang yang menggunakan barang branded
sangatlah dihargai. Mirisnya perilaku konsumtif tersebut mematikan produk lokal
indonesia, masyarakat yang sudah menganggap brand dari luar sebagai patokan
untuk mengukur status ekonominya cenderung lebih gemar menggunakan brand yang
sudah ternama. Padahal produk lokal juga memiliki kualitas yang tidak kalah
saing dengan brand-brand ternama . Yang saya sayangkan ialah sikap kita sebagai
masyarakat yang kurang aware terhadap produk lokal ditambah lagi dengan
perilaku konsumtif yang semakin mewabah. Bagaimana kita mau menjadi negara yang
maju sedangkan kita sendiri masih kurang percaya diri dengan menggunakan
produk-produk lokal. Bagaimana produk lokal kita bisa berkembang sedangkan
masyarakat lokalnya tidak mendukung. Alhasil produk lokal indonesia masih
berkembang secara perlahan, dibantu juga dengan usaha pemerintah mengadakan
program ACI aku cinta indonesia, yang dimana usaha ini menggalakkan agar
masyarakat untuk mencintai produk-produk lokal sehingga diharapkan dapat
memberi pengaruh positif ke perkembangan produk lokal agar masyarakat indonesia
tidak konsumtif.
0 komentar
Posting Komentar