Rabu, 30 November 2016

Lunturnya Rasa Nasionalisme pada Generasi Muda


Nama _: Tiara Anggi Regitasari
NIM __: 155120107111028

Nasionalisme merupakan suatu sikap politik dari masyarakat pada suatu bangsa yang mempunyai kesamaan cita-cita dan juga tujuan, dengan demikian masyarakat pada suatu bangsa akan merasakan adanya kesetiaan mendalam terhadap bangsa itu sendiri (Purnomo, 2013).
Sifat nasionalisme memang perlu ditanamkan dalam diri seseorang untuk kehidupan berbangsa bernegara tentunya dengan ukuran yang pas dan merasa kalau bangsa kita merupakan bangsa yang lebih baik dan lebih hebat dibandingkan dengan bangsa dan negara lainnya. Hal ini dikarenakan dengan adanya sifat nasionalisme yang sesuai dapat menumbuhkan sikap saling mengahargai, menghormati, dan bekerja sama dengan bangsa yang lain. Dengan memiliki sifat nasionalisme dapat membentuk kesadaran nasional yang memiliki cita-cita dan menjadi alat pendorong suatu bangsa dalam membangun dirinya sendiri ataupun lingkungan masyarakat, bangsa, dan juga negaranya. (Warino).
Para era saat ini sudah tidak perlu dipungkiri lagi jika  nilai nasionalisme sudah mulai luntur dikalangan para remaja. Rasa persatuan para pemuda diindonesia bisa dikatakan kian surut meninggalkan rasa nasionalismenya sebagai seorang pemuda yang berpegang teguh pada pendiriannya dan bertanggung jawab atas masa depan bangsanya. Kenyataannya pada kalangan remaja, aksi aksi brutal seperti tawuran pelajar atau tawuran massal merupakan hal yang sudah sering kita saksikan. Hal tersebut terjadi dikarenakan perilaku agresi dari seorang individu atau kelompok yang hanya mengandalkan pola fikir negatif dalam menyelesaikan masalah atau permasalahan yang sedang dihadapinya. Contohnya seperti membunuh, menghukum orang lain (bullying), tawuran, berkelahi, dan sebagainya yang didefinisikan sebagai suatu cara untuk melawan dengan sangat kuat (Purnomo, 2013)
Semakin memudarnya nilai nasionalisme ini dikarenakan oleh banyak factor salah satunya yakni factor kurangnya pendidikan yang menanamkan tentang bhineka tunggal ika, masih banyak anak anak muda yang bahkan tidak mengerti apa artinya bhineka tunggal ika, maka sangat perlu penanaman nilai-nilai kewarganegaan dengan memberi pendidikan kewarganegaraan, pendidikan pancasila, pendidikan moral dan etika sehingga mereka tidak mudah menyerap nilai-nilai. Memudarnya nilai nasionalisme juga dikarenakan semakin minimnya pemahaman generasi muda saat ini terhadap budaya dan sejarah bangsa. Generasi muda saat ini lebih cenderung meniru budaya luar dan mereka merasa bangga dengan budaya bangsa lain yang jika dilihat norma dan nilai dari bangsa lain tersebut sangat bertolak belakang dengan nilai dan norma pada bangsa Indonesia. Kesalahan mendidik anak bagi para orang tua juga dapat menyebabkan generasi muda yang tumbuh menjadi tidak memiliki rasa nasionalisme dengan menunjukkan sikap ementingkan kepentingan pribadi dan golongan dari pada kepentingan bangsa dan negara.
Pengaruh –pengaruh tersebut sebenarnya tidak secara langsung berpengaruh pada rasa nasionalisme mereka, tetapi dapat mengurangi rasa nasionalisme anak bangsa sedikit demi sedikit. Sebelum rasa nasionalisme itu benar benar luntur ada baiknya jika kita berusaha untuk mengembalikan semangat nasionalisme itu mulai dari relasi yang paling terkecil dahulu yakni keluarga, tumbuhkan rasa cinta kepada bangsa dengan memberikan tauladan kepada anak-anak dan anggota keluarga lainnya sejak dini. Kemudian pada lingkungan pendidikan berikan pelajar kita pendidikan kewarganegaraan. Pemerintahpun juga harus turut ikut serta dengan cara menggalakkan seminar atau sosialisasi tentang kewarganegaraan, menggelar pameran kebudayaan atau pergelaran seni agar generasi muda bangsa ini dapat mengenal, mempelajari dan mencintai budaya budaya di Negara ini.

Sumber :

Purnomo, R. D. (2013, September 9). Runtuhnya Nasionalisme Pemuda Indonesia. Retrieved November 24, 2016, from Runtuhnya Nasionalisme Pemuda Indonesia: http://rickodwipurnomo.blogspot.co.id/2013/09/artikel-runtuhnya-pemuda-indonesia.html
Warino, J. (n.d.). Pengertian dan Definisi Nasionalisme Menurut Ahli. Retrieved november 24, 2016, from Pengertian dan Definisi Nasionalisme Menurut Ahli: http://jokowarino.id/pengertian-dan-definisi-nasionalisme-menurut-ahli/

1 komentar: